26 Jun 2014

PENJELASAN FIFA TENTANG PERTEMBUNGAN PUASA RAMADAHAN DENGAN PIALA DUNIA


Soal Piala Dunia Bertepatan dengan Puasa Ramadhan, Ini Tanggapan FIFA


BULAN Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi umat Islam sudah tentu harus berbahagia dengan datangnya bulan yang penuh berkah ini. Lalu, bagaimana dengan para pemain Muslim yang berlaga di Piala Dunia 2014? 

Mereka akan tetap menjalani ibadah puasa pada akhir pekan ini, dan dipastikan tidak akan mengalami gangguan atau bahaya apa pun dalam kondisi fisik mereka. Hal ini sudah ditegaskan oleh pihak FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Kami sudah melakukan penelitian yang luas dan mendalam dan tidak ada sesuatu pun yang mengkhawatirkan. Para pemain yang tengah menjalani ibadah puasa selalu memiliki ketentuan untuk meminta keringanan agar tetap akan menjalani Ramadan pada waktu yang tepat. Inilah yang saya pelajari dari para pemimpin agama Islam di Aljazair,” ujar Jiri Dvorak, Kepala bidang Kesehatan FIFA, Selasa (24/6/2014).

Puasa di bulan suci Ramadhan yang berlangsung sebulan penuh, diperkirakan akan dimulai hari Ahad (29/6/2014).

Dvorak mengatakan kepada wartawan pada taklimat media harian FIFA, bahwa organisasi sepak bola dunia itu sudah melakukan kajian yang lengkap dan mendalam mengenai para pemain selama Ramadhan.

“Kesimpulannya adalah jika puasa di bulan Ramadhan diikuti dengan benar, tidak akan ada penurunan pada kinerja fisik para pemain,” ujar Dvorak.

Michel D’Hooghe, ketua komite medis FIFA, mengatakan kepada wartawan bahwa puasa Ramadan ini seharusnya tidak menjadi masalah, karena mereka juga pernah mengalami hal yang sama pada Olimpiade London 2 tahun lalu.

Olimpiade London yang digelar 27 Juli-12 Agustus 2012 juga diadakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, dan para atlet masih bisa bertanding seperti biasa. [sm/islampos/kbr]

Tiada ulasan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...