13 Oktober 2014

MARK ZUCKERBERG DATANG ASEAN JUMPA JOKOWI

Jokowi Bertemu Pemilik "Facebook", Mark Zuckerberg

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari pembuat sekaligus pemilik media sosial, Facebook asal Amerika Serikat, Mark Zuckerberg, Senin (13/10) pagi di Balai Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari pembuat sekaligus pemilik media sosial, Facebook asal Amerika Syarikat, Mark Zuckerberg, Senin (13/10) pagi di Dewan Bandar. (sumber: Suara Pembaharuan / Deti Mega)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan dari pembuat sekaligus pemilik media sosial, Facebook asal Amerika Syarikat, Mark Zuckerberg, Senin (13/10) pagi di Balai Kota Jakarta. Zuckerberg datang ke Dewan Bandar sekitar pukul 08.55 WIB yang langsung diterima oleh Jokowi dan dialu-alukan masuk ke ruangannya. Kedatangan Zuckerberg sendiri merupakan rangkaian kempen Internet.org.

Mesyuarat itu sendiri berlangsung selama kurang lebih 30 minit. Jokowi dan Mark kelihatan seragam memakai sut warna hitam. Keduanya lebih banyak membincangkan tentang perkembangan dan manfaat Facebook untuk perkembangan Indonesia.

"Kita bercakap bagaimana boleh memanfaatkan Facebook supaya berguna bagi masyarakat dan manfaatnya dalam rangka menggerakan ekonomi mikro kecil. Beliau akan membantu untuk bekerja sama dengan kita dalam rangka dua hal tersebut," kata Jokowi saat jumpa pers bersama Zuckerberg.

Selain itu, persoalan cukai dan akses internet juga dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Walaupun pembicaraannya juga belum dilakukan secara lebih mendalam lagi.

"Kami lebih banyak bercerita tentang penggunaan Facebook saat kempen. Penduduk di Indonesia kan 240 juta, sedangkan pengguna Facebook ada 70-an juta. Ini sebuah potensi pasaran bagi dia," kata Jokowi.
Jokowi juga menyampaikan kepada Zuckerberg supaya ada manfaat yang didapatkan dari media sosial, seperti Facebook yang nyata bagi negara dan masyarakat.

Sementara itu, Mark Zuckerberg menyampaikan dirinya sangat bahagia boleh datang berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan presiden RI terpilih, Jokowi.

"Saya senang boleh bercakap dengan Jokowi. Saya juga senang melihat pertumbuhan akses internet oleh berjuta-juta orang di Indonesia serta pertumbuhan perniagaan," katanya.

Sebelumnya, Pesuruhjaya PT Owen Strategik Media, Maria Tiurma, menyatakan syarikatnya mengundang Zuckerberg dalam rangka memperkenalkan inisiatif global tentang Internet.org.

"Program tersebut bertujuan untuk mengurangkan halangan warga dalam akses internet, sehingga diharapkan warga Indonesia yang bersambung ke internet semakin meningkat," katanya.
Maria menyampaikan, beberapa hal yang disampaikan Zuckerberg dalam pertemuannya dengan Jokowi, selain mengucapkan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden RI, juga disampaikan penggunaan aplikasi Facebook dalam proses demokrasi di Indonesia.

"Menyampaikan maksud Facebook untuk terus menyokong presiden RI terpilih Jokowi dalam urus tadbir kerajaan dan penyerapan aspirasi masyarakat dengan penyelesaian akses internet yang berpatutan," ujarnya.

Tiada ulasan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...